Pelajaran Seni Budaya tentang Tarian

Selasa, 15 Maret 2011
Kali ini saya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Seni Budaya tentang Tarian.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.
Pengertian Seni Tari = Ekspresi jiwa manusia yang dituangkan melalui gerak -gerak kritmis dan indah.
Tari Kelompok
Surakarta = Tari Bedhaya Ketawang => ditarikan 9 orang penari putri
Yogyakarta = Tari Bedhaya Semang => ditarikan 9 orang penari putri
Tari Serimpi => ditarikan 4 orang penari putri
Jenis-jenis Tari Tunggal
-Jawa Tengah = Tari Golek,tari Gambyong,tari Bondan,tari Prawiraguna,tari Merak Koncar,tari Gambiranoni,tari Klana Topeng,tari Gathutkaca Gandrung.
-Yogyakarta = Tari Golek,tari Klana Topeng,tari Klana Alus,tari Klana Raja.
-Jawa Barat = Tari Kandagon,tari Sekar Putri,tari Jaipong,tari Pamindo,tari Rumyang,tari Klana,tari Topeng Samba,tari Jingga anom.
-Jawa Timur = Tari ngremo,tari Beskalan,tari Seblang.
-Bali = Tari Pendet,tari Panji Semirang,tari Wiranatha,tari Belibis,tari Cendrawasih,tari Topeng Tua,tari Baris,tari Truna Jaya,tari Margapati,tari Kebyar Trompong.
Nama-nama Tarian
1.Sumatera Utara = tari Tor-tor,tari Serampang dua belas,tari Manduda.
2.Lampung = tari Jangget,tari Melintung,tari Bedana.
3.Kalimantan  Timur = tari Hudung dan Berlian,tari Perang,tari Gong
4.Nusa Tenggara Barat = tari Batu Gandrung,tari Oncer,tari Lenggo.
5.Jambi = tari Sekapur sirih,tari Selampit Delapan,tari Rangguk.
Semoga rangkuman materi pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi teman siswa sekolah.

Pelajaran Seni Budaya tentang Wiraga,Wirama,Wirasa,dan Wirupa

Kali ini saya menuliskan rangkuman materi Seni Budaya Wiraga,Wirama,Wirasa,dan Wirupa.Semoga dapat bermanfaat bagi teman siswa-siswi sekolah.
Wiraga = -peragaan atau sikap dan gerak dari seluruh anggota tubuh.
-Penguasaan ketrampilan gerak dalam tari.
Wirama = -ketukan / irama dan dinamika perpindahan sikap gerak yang selaras dalam
tari.
-kemampuan membedakan frase-frase yang menjadi bagian pokok dalam musik.
Wirasa = -ekspresi raut muka /mimik yang menggambarkan karakter tarian.
-penghayatan gerak sesuai dengan tuntutan tarian.
Wirupa = penampilan penari dari ujung atas sampai ujung bawah (performers).
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagiteman siswa sekolah.

Pelajaran Bahasa Inggris tentang Recount,,Narrative,and Description

kali ini saya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Bahasa Inggris Recount,Narrative,and Description.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.

Recount
Fuction : -to retell events for the purpose of informing or entertaining(untuk melaporkan suatu peristiwa dengan 
                 tujuan menghibur)
                -to tell events in the past,in sequence(menceritakan suatu kejadian secara berurutan)
The generic structure /element
                1.Orientation : provides the setting and introduce the participants
                2.Events        : tell what happened,in the sequence
                3.Re-Orientation : Optional  - Clouse of events
Narrative = moral value
Fuction : -to entertain the reader through a real experience or an imagination(menghibur pembaca dengan
                 pengalaman nyata /khayal)
               -to amuse the reader
The generic structure
                1.Orientation = who? , when? , where?
                2.Complication = what was the problem ?
                3.Re-Solution = How was the problem resolved?
                4.Coda / Re-Orientation = How did the story end (perubahan yang terjadi pada tokoh/pelajaran
                   yang dapat di petik dari cerita)
Description
Fuction : to descrip things,person or place
Generic structure of discription :
1.Identification : pengertian
                         nama
                         asal,usul,lokasi
2.Description : character / ciri -ciri
                         quality
Semoga rangkuman materi pembelajaran ini dapat bermanfaat bagi teman siswa sekolah.

Pelajaran Biologi tentang Jaringan

Minggu, 13 Maret 2011
Kali ini saya menuliskan rangkuman materi belajar Biologi Jaringan.semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.

B.Jaringan
Tubuh makhluk hidup bersel banyak (multiseluler) tersusun dari sel-sel yang bentuk dan fungsinya beraneka ragam.Sel-sel penyusun tubuh suatu makhluk hidup tidak selalu sama atau serupa.Beberapa sel yang memiliki bentuk,susunan dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan.Dibawah ini akan dijelaskan jenis jaringan pada hewan dan manusia,serta jenis jaringan pada tumbuhan.
1.Jaringan pada Hewan dan Manusia
Pada Hewan dan manusia terdapat bermacam-macam jaringan,yaitu jaringan epitel,jaringan otot,jaringan saraf,dan jaringan pengikat.
a.Jaringan epitel
Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi berbagai rongga atau saluran tubuh dan berfungsi sebagai pelindung jaringan di bawahnya.Selain itu juga berfungsi sebagai kelenjar,penyerap,dan penerima rangsangan dari luar tubuh.Jaringan ini tersusun oleh sel-sel yang membentuk lapisan pipih,kubus,dan silindris.
Epitel pipih.Epitel ini tersusun oleh sel-sel epitel yang berbentuk pipih.contohnya:epitel pembuluh darah dan epitel romgga mulut.
Epitel kubus.Epitel ini berbentuk kubus.contohnya:epitel pada ginjal.
Epitel silindris.Epitel ini terdiri atas satu lapis sel yang berbentuk silindris.contohnya epitel pada usus.


b.Jaringan otot
Jaringan otot terdiri atas serat-serat yang panjang dan berfungsi sebagai alat gerak aktif.Setiap sel otot tersusun oleh serabut halus yang disebut myofibril.Jaringan otot dibedakan menjadi tiga,yaitu jaringan otot polos,jaringan otot lurik,dan jaringan otot jantung.
Otot polos.Otot polos berujung runcing dan memiliki inti sel yang terletak di tengah.Sifat gerakan otot polos tidak menurut kehendak kita dan tahan kelelahan.
Otot lurik.otot lurik terdapat banyak inti yang terletak di bagian pinggir.otot ini melekat pada rangka.sifat gerakan otot lurik menurut kehendak kita dan tidak tahan kelelahan.
Otot jantung.otot jantung seperti otot lurik,tetapi memiliki inti sel yang terletak di tengah.Keistimewaan otot jantung yaitu selnya bercabang-cabang dan saling berhubungan melalui ujung-ujungnya.sifat gerakan otot jantung tidak menurut kehendak kita dan tahan terhadap kelelahan.


c.Jaringan Penghubung
Jaringan penghubung terdiri atas serabut-serabut yang kuat dan lentur.Jaringan penghubung berfungsi untuk pengikat dan penghubung dan penghubung antarjaringan.
d.Jaringan Rangka atau Jaringan Tulang
Jaringan rangka atau jaringan tulang terdiri atas bahan-bahan yang mengeras.fungsinya untuk melindungi tubuh menyokong,dan menjadi alat gerak.
e.Jaringan Saraf
Jaringan saraf berfungsi menerima dan meneruskan rangsangan.Jaringan ini tersusun oleh saraf-saraf yang disebut neuron.Setiap sel saraf terdiri dari badan sel,dendrit,dan akson(neurit).Dendrit berfungsi membawa rangsangan ke badan sel.Akson berfungsi membawa rangsangan dari badan sel ke sel saraf lainnya.
f.Jaringan Darah
Jaringan darah berbentuk cair dan mengandung sel-sel lepas.Sel-sel darah terdiri dari sel darah merah (eritrosit),sel darah putih (leukosit),dan keeping darah (trombosit).Jaringan darah berfungsi untuk mengedarkan oksigen ,zat-zat makanan ,dan hormon.
2.Jaringan pada Tumbuhan
Pada tumbuhan terdapat jaringan meristem,jaringan epidermis(jaringan pelindung),jaringan parenkin(jaringan dasar),jaringan penyokong,dan jaringan pengangkut.Dibawah ini akan dijelaskan jaringan-jaringan pada tumbuhan.
a.Jaringan meristem
Jaringan meristem adalah jaringan yang selalu membelah.Jaringan meristem terdapat pada lembaga ,ujung batang,kuncup,cambium,dan ujung akar.Jaringan ini berfungsi menghasilkan sel-sel baru dengan cara membelah diri untuk pertumbuhan tanaman.

b.Jaringan epidermis
Jaringan epidermis atau jaringan pelindung menutupi permukaan akar,batang,dan daun.Jaringan epidermis berupa sel-sel yang berbentuk lembaran putih dipermukaan organ tumbuhan.Jaringan epidermis berfungsi untuk melindungi jaringan lainnya dan juga untuk melapisi permukaan.

c.Jaringan Parenkim
Jaringan parenkim berbentuk agak bulat memanjang.Jaringan parenkim tersebar diseluruh tubuh tumbuhan ,baik pada akar,batang,daun,biji,maupun buah.Parenkim dilengkapi dengan plastida.Plastida yang tidak terkena sinar matahari berfungsi sebagai tempat penimbunan makanan.Sebaliknya yang terkena sinarmatahari berfungsi sebagai fotosintesis.Pada daun ,terdapat dua macam jaringan parenkim,yaitu jaringan tiang(palisade) dan jaringan bunga karang (spons).Sel-sel jaringan parenkim daun banyak mengandung kloroplas.Kloroplas berperan dalam fotosintesis.

d.Jaringan pengangkut
Jaringan pengangkut terdiri dari xylem dan floem.Xilem berbentuk tabung panjang dan berfungsi mengangkut air dan zat-zat hara dari akar ke daun.sedangkan floem berbentuk tabung tipis,yang ujungnya berlubang-lubang.Floem berfungsi mengangkut zat makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.Makanan dihasilkan dari proses fotosintesis.
e.Jaringan Penyokong
Jaringan penyokong berfungsi untuk menyokong dan menguatkan tubuh tumbuhan.Jaringan ini dibedakan menjadi dua,yaitu jaringan kolenkim dan jaringan sklerenkim.Jaringan kolenkim umumnya terdapat pada tangkai daun,terdiri atas sel-sel yang dindingnya mengalami penebalan oleh zat selulosa,terutama dibagian sudut-sudutnya.sedangkan jaringan sklerenkim umumnya terdapat pada batang dan tulang daun,tersusun oleh sel-sel dengan dinding yang keras,dan berfungsi menutup bagian luar dari biji atau buah.Dinding sel-selnya mengalami penebalan oleh zat lignin.
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat.

Pelajaran Biologi tentang Tingkatan Organisme Kehidupan

Sabtu, 12 Maret 2011
Kali ini saya menuliskan materi belajar Biologi Tingkatan Organisme Kehidupan.semoga materi ini dapat bermanfaat untuk pembelajaran bagi siswa-siswi sekolah.
Tingkatan Organisme Kehidupan
Sel merrupakan bagian terkecil yang menyusun tubuh makhluk hidup.Sel pertama kali ditemukan oleh Robert Hooke pada tahun 1665.Menurut Mathias Schleiden(1838) dan Schwann (1839),sel merupakan satuan fungsional terkecil yang berarti bahwa fungsi-fungsi dari organisme dilakukan oleh sel.Ukuran sel sangat kecil sehingga menggunakan bantuan mikroskop untuk melihat.
A.Sel
Bagian-bagian sel terdiri atas membran plasma,sitoplasma,dan inti sel(nucleus).
1.Membran plasma
Merupakan bagian terluar sel,yang berfungsi melindungi isi sel.
2.Sitoplasma
Merupakan cairan kental yang berada diantara membrane sel dan inti sel.Sitoplasma berisi organel-organel sel,yaitu:
a.Retikulum endoplasma,berfungsi sebagai tempat pembentukan lemak dan menghubungkan inti sel dengan sitoplasma.
b.Ribosom,berperan dalam pembentukan protein.
c.Badan golgi,berfungsi sebagai alat pengeluaran.
d.Lisosom,berperan dalam membentuk enzim pencernaan intra sel.
e.Sentrosom,adalah organel sel yang hanya terdapat dalam sel hewan.
f.Mitokondria,berfungsi sebagai tempat respirasi sel.
g.Vakuola,berperan dalam penyimpanan bahan makanan (gula,protein,mineral)serta tempat penimbunan sisa metabolisme.
h.Plastida,hanya dimiliki oleh tumbuhan.
3.Inti sel/nucleus
Berfungsi mengatur segala aktivitas sel.Pada nucleus terdapat kromosom dan di dalam kromosom terdapat gen sebagai factor pembawa sifat menurun.Di dalam inti sel terdapat plasma yang disebut nukleoplasma.
Semoga materi pembelajaran ini dapat bermanfaat.

Pelajaran Kimia tentang Unsur

Jumat, 11 Maret 2011

Kali ini saya menuliskan materi belajar soal UNSUR Kimia semoga bermanfaat bagi teman-teman sekolah, walaupun sedikit kami rangkum mata pelajaran ini.

Materi = memenuhi ruangan dan mempunyai massa
Para ahli kimia menggolongkan materi menjadi 3 kelompok yaitu : unsur ,senyawa,dan campuran.
1.Unsur  = zat tunggal yang tak dapat diuraikan menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan cara kimia biasa.
Atom adalah partikael terkecil suatu unsur yang tidak dapat dibagi lagi secara kimia biasa,dan dapat bereaksi dengan unsure-unsur lain.Kebanyakan atom tidak terdapat bebas,melainkan bergabung secara kimia. Dua atom atau lebih yang bergabung secara kimia disebut molekul. Tanda atom yang kita gunakan sekarang dilambangkan oleh  J . J . Berzelius dan berlaku secara internasional . Cara menulisnya dengan kependekan nama latin atom tersebut .
Aturan penulisan lambang unsur
1. Jika suatu unsur dilambangkan dengan satu huruf diambil huruf kapital huruf pertama unsur tersebut.
    Contohnya : hidrogen (H), oksigen (O), nitrogen (N), boron (B)
2. Jika suatu unsure dilambangkan lebih satu huruf, maka huruf pertama menggunakan huruf kapital                                                       dan huruf berikutnya menggunakan huruf kecil.
    Contohnya : natrium (Na), klor (C1), kalsium (Ca)
Tubuh manusia tersusun oleh berbagai unsure dan terdapat 10 unsur  utama yang menyusun tubuh manusia dan dinamakan unsure makro.sedangkan unsure yang terdapat dalam jumlah yang kecil dalam tubuh dinamakan unsure mikro.contohnya : kalium,belerang,natrium,klorin,dan besi.Unsur dibedakan menjadi unsure logam dan nonlogam.perbedaannya unsure logam dengan nonlogam terletak pada kemampuannya menghantarkan listrik.
Perbedaan unsure logam dan nonlogam :
No
Unsur Logam
Unsur nonlogam
1
Mengkilap jika digosok
Tidak mengkilap kecuali intan
2
Pada suhu kamar biasanya berupa zat padat kecuali raksa
Pada umumnya berupa zat cair dan gas serta padat
3
Dapat diregangkan dan dapat ditempa
Tidak dapat diregangkan dan pecah jika ditempa
4
Konduktor terhadap panas dan listrik
Isolator terhadap panas dan listrik
5
Memiliki titik didih dan titik leleh yang tinggi
Memiliki titik didih dan titik leleh yang rendah

Macam-macam logam teraktif didunia :
1.Li =Lithium
2.Na = natrium
3.K   =Kalium
4.Cs =Cesium
5.Fr  =Fransium
Logam tak mulia
Be = Berilium
Mg =Magnesium
Ca  =kalsium
Sr  = Storonsium
Ba = Barium
Ra =Radium
Logam Mulia
Cu =Tembaga
Hg =Raksa
Ag =perak
Au =emas
Nonlogam
Flor
Uor
Bronx
Ioding
Atsading

Semoga rangkuman ini bermanfaat bagi siswa teman sekolah. saya juga akan menulis soal soal pelajaran.

Pelajaran Bahasa Indonesia tentang Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk

Kali ini saya akan menuliskan materi Bahasa Indonesia tentang Kalimat Tunggal dan Kalimat Majemuk juga beserta contoh-contohnya.semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman sekolah semuanya.

Contoh : 1.Harimau menangkap mangsa (kalimat tunggal)
2.Monyet memberi dukungan (kalimat tunggal)
3.Harimau menangkap mangsa dan monyet memberi dukungan (kalimat majemuk)
Kalimat tunggal adalah kalimat yang terdiri atas satu klausa.
Kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas lebih dari satu klausa.
Klausa adalah satuan dramatika yang paling sedikit terdiri atas unsur predikat(P).Struktur klausa dapat berpola S-P,P,P-S,S-P-O,K-S-P-O,S-P-O-K,dll.
Kalimat majemuk dibedakan menjadi 2 :
1.kalimat majemuk setara yaitu kalimat majemuk yang klausa-klausa anggotanya memiliki hubungan setara(sederajat).Hubungan kesetaraan itu dapat berupa hubungan penambahan,hubungan perlawanan,dan hubungan pemilihan.
2.kalimat majemuk bertingkat adalah kalimat majemuk yang hubungan antara klausa-klausanya bertingkat.Hubungannya salah satu klausa menjadi bagian dari klausa yang lain,atau menduduki fungsi tertentu bagi klausa lain.Klausa yang lebih tinggi kedudukannya disebut klausa induk (induk kalimat),sedangkan klausa yang lebih rendah kedudukannya disebut klausa bawahan (anak kalimat).
Contoh : 1.Acaranya meriah dan tamunya amat banyak.(kalimat majemuk setara)
2.Hani merayakan ulang tahunnya ketika kami pergi ke Sulawesi(kalimat majemuk bertingkat)
Semoga rangkuman materi ini dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran walaupun sedikit rangkuman materi ini.

Pelajaran Bahasa Indonesia tentang Kata Umum dan Kata Khusus

Kali ini saya menuliskan ringkasan materi belajar  Bahasa Indonesia Kata Umum dan Kata Khusus.semoga dapat bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran bagi teman-teman sekolah,walaupun hanya sedikit ringkasan mata pelajaran ini.

Kata umum adalah kata yang cakupan maknanya lebih luas atau disebut hipernim.
Kata khusus adalah yang cakupan maknanya lebih sempit atau terbatas atau disebut hiponim.
Contoh kata umum : melihat
kata khusus : menyaksikan,meneliti,memeriksa,menonton,melirik,melotot,memandang,mengamati.
kata umum : bunga
kata khusus : mawar,melati,anggrek
kata umum : memotong
kata khusus : mengiris,menggunting,memenggal,memangkas,menggergaji,menyembelih,membelah,mengerat,mencincang.
kata umum : membawa
kata khusus : membopong,menjinjing,memikul,menggendong,memanggul.
kata umum : alat tulis
kata khusus : pena,pensil,spidol,buku,penggaris,jangka,busur,kapur,papan tulis,crayon,penghapus.
kata umum : sayuran
kata khusus : wortel,bayam,kangkung,kubis,toge,sawi,selada,tomat,terong,kacang panjang,brokoli.
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagi siswa teman sekolah.

Soal beserta Kunci jawaban Kimia

Kali ini saya menuliskan materi soal Kimia beserta Kunci jawaban semaoga bisa bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.
1.Pasangan berikut yang massanya dianggap sama adalah . . .
Kunci : proton dan elektron
2.Penemu proton adalah . . ,
Kunci : Goldstein
3.Penyusun atom umumnya adalah . . .
Kunci : proton,netron & elektron
4.Atom yang bermuatan positif disebut . . .
Kunci : kation
5.Untuk ion positif adalah . . .
Kunci : jumlah elektronnya < jumlah elektron atomnya
6.Pada molekul O₂ (elektron valensinya 6) pasangan elektron yang digunakan bersama ada . . .
Kunci : 2 pasang
7.Elektron yang terdapat pada kulit terluar unsur –unsur golongan utama adalah . . .
Kunci : sama dengan nomor golongannya
8.Lambang unsur nitrogen,nikel,natrium berturut-turut adalah . . .
Kunci : N,Ni,Na
9.Rumus molekul dari belerangtrioksida adalah . . .
Kunci : SOз
10.Oksida dengan rumus molekul Fe₂Oз mempunyai nama . . .
Kunci : besi (ІІІ) oksida
Semoga rangkuman soal ini dapat bermanfaat bagi teman-teman sekolah

Pelajaran Biologi tentang Struktur Tubuh Virus

Kali ini saya menuliskan materi belajar Biologi Struktur Tubuh Virus.semoga dapat bermanfaat untuk bahan pembelajaran bagi semua siswa-siswi sekolah. Struktur Tubuh Virus:
a.Virus semacam hablur (kristal)dan tidak mempunyai sel
b.Virus berukuran lebih kecil dari bakteri,yaitu antara 20 mµ-300mµ
c.Virus hanya memiliki salah satu asam nukleat(RNA dan DNA)
d.Virus mempunyai bermacam-macam bentuk.Ada yang berbentuk batang(virus mosaic atau TMV),berbentuk polyhedral (virus adenovirus),dan bentuk T(virus T atau bakteriofaga atau faga).Virus T termasuk virus kompleks karena memiliki struktur kepala(berupa kapsid berbentuk polyhedral )dan ekor.

Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat.

Pelajaran Kimia tentangTata Nama Senyawa

Kali ini saya menuliskan materi belajar Kimia Tata Nama Senyawa.semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.

                                                              Tata Nama
Mono = 1
Di       = 2
Tri      = 3
Tetra  = 4
Penta  = 5
Heksa = 6
Hepta  = 7
Okta    = 8
Nona   = 9
Deka   = 10

                                                       Tata nama oksida non logam
                                                              
CO = karbon mono oksida
CO = Karbon di oksida
NO = nitrogen mono oksida
N Oз =di nitrogen tri oksida
N O5 =di nitrogen penta oksida
P Oз = di fosfor tri oksida
P O5 = di fosfor penta oksida
                                             
                                                       Oksida Logam
                                                        (mono valen)NaO = Natrium oksida
KO =Kalium oksida
CaO = Calsium oksida
BaO = Barium oksida
MgO = Magnesium oksida
BeO = Berilium oksida

                                                    Oksida Logam
                                                       (polly valen)
FeO = fero oksida(besi 2 oksida)
FeOз = feri oksida(besi 3 oksida)
CuO = kupro oksida(tembaga 1 oksida)
CuO = kupri oksida(tembaga 2 oksida)
HgO = merkuro oksida(raksa 1 oksida)
HgO  =merkuri oksida(raksa 2 oksida)



Semoga rangkuman ini dapat bermanfaat.

Pelajaran Bahasa Indonesia tentang Menulis Surat Dinas

Selasa, 08 Maret 2011
Kali ini saya akan menuliskan sebuah rangkuman yang berisi materi Bahasa Indonesia Menulis Surat Dinas.semoga dapat bermanfaat.
Bagian-bagian surat dinas :
1.Kepala surat /kop surat
2.Tanggal penulisan surat
3.Nomor surat
Lampiran
Hal
4.Nama dan alamat yang dituju
5.Salam pembuka
6.Pembuka surat
7.Isi surat
8.Penutup surat
9.Salam penutup
10.Tanda tangan dan nama penulis surat
11.Tembusan
Semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.

Pelajaran Bahasa Indonesia tentang Penokohan

Kali ini saya menuliskan materi belajar Bahasa Indonesia Penokohan.semoga bisa bermanfaat untuk bahan pembelajaran bagi siswa-siswi.
Penokohan ada 2 teknik :
1.Secara analisis (langsung):pengarang langsung menyebutkan watak masing-masing tokoh.
Pada umumnya : dongeng
2.Secara dramatis (tidak langsung): pengarang menunjukkan watak masing-masing tokoh melalui dialog dan perilaku tokoh.Pada umumnya : cerpen dan novel.
Semoga materi pembelajaran ini bisa bermanfaat.

Pelajaran Biologi tentang Ciri-ciri virus

Kali ini saya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Biologi Ciri-ciri Virus.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.Ciri-ciri virus:
a.Virus berukuran lebih kecil daripada bakteri
b.Virus tidak memiliki nucleus,sitoplasma,membrane sel,dan organel lainnya.Mereka hanya memiliki asam nukleat dan selubung bakteri
c.Virus merupakan parasit obligat intraseluler.
d.Virus merupakan bentuk peralihan antara makhluk hidup dan benda tak hidup.Virus juga dapat dikristalkan seperti halnya benda tak hidup
e.Virus memiliki bentuk yang spesifik
f.Tidak dapat membelah diri,tidak bernapas,tidak tumbuh,dan tidak mengalami ekskresi.
g.Tidak dapat bergerak maupun melakukan metabolism sendiri.
Semoga dapat rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.

Pelajaran Bahasa Inggris tentang Colors

Senin, 07 Maret 2011
Kali ini saya menuliskan materi belajar Bahasa Inggris Colors.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa -siswi sekolah.Red = merah
White = putih
Black = hitam
Green = hijau
Yellow = kuning
Blue = biru
Orange = oranye
Grey = abu-abu
Brown = coklat
Pink = merah jambu
purple = ungu kemerahan
Viollet = ungu
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat.

Pelajaran Bahasa Inggris tentang House

Kali ini saya menuliskan rangkuman materi belajar bahasa inggris House.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.
Door = pintu
Garden = kebun
Fence = pagar
Gate = gerbang
Window = jendela
Wall = dinding




Glass = kaca
Floor = lantai
Roof = atap
Pantile = pentilasi
Tile = keramik
Pillar = tiang
Chimney = cerobong asap
Gutter = talang
Antenna = antena
Patio = teras
Garage = garasi
Yard = halaman
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagi teman siswa sekolah.

Human body

Head = kepala
Neck = leher
Shoulder = bahu
Arm = lengan
Back = punggung
Chest = dada
Stomach = perut
Waist = pinggang
Hip = paha
Bottom = pantat
Leg = kaki
Knee = lutut

Pelajaran Bahasa Inggris tentang Months

Kali ini saya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Bahasa Inggris Months.semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah,walaupun hanya sedikit.
January = januari
February = Februari
March = maret
April = april
May = mei
June =Juni
July = juli
August = agustus
September = september
October = oktober
November = november
December = desember
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.

Pelajaran Bahasa Inggris tentang Days

Kali ini saya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Bahasa Inggris Days.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah,walaupun hanya sedikit
1.Monday = senin
2.Tuesday= selasa
3.Wednesday = rabu
4.Thursday = kamis
5.Friday = jum'at
6.Saturday = sabtu
7.Sunday = minggu
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagi teman siswa sekolah.

Pelajaran Bahasa Inggris tentang Family

Kali ini saya menuliskan pembelajaran Bahasa Inggris Family.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.
Family (keluarga)
1. Father = ayah
2. Mother = ibu
3. Parent = orang tua
4. Brother = saudara laki-laki
5. Sister =saudara pr
6. Wife = istri
7. Husband = suami
8. Son = anak lk
9. Daughter = anak pr
10. Grandfather =kakek
11. Grandmother = nenek
12. Uncle = paman
13. Aunt = bibi
14. Nephew = kemenakan lk
15. Niece = kemenakan
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagi siswa teman sekolah.

Pelajaran Bahasa Inggris tentang Supermarket

Kali ini saya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Bahasa Inggris Supermarket.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.
Supermarket (Supermarket)
1.Milk = susu
2.Meat = daging
3.Butter = mentega
4.Sardine = ikan sarden
5.Jam = selai
6.Detergent = deterjen
7.Cheese = keju
8.Sugar = gula
9.Coffe = kopi
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagi teman siswa sekolah.

Pelajaran Kimia tentang Perubahan kimia

Kali ini saya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Kimia tentang Perubahan Kimia.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi teman sekolah.
Kimia = cabang dari IPA yang mempelajari bentuk,struktur,perubahan suatu materi dan energy yang mengikutinya.
Perubahan kimia
Bersifat kekal
1.Keterbusukan => harus ada oksigen.
Contoh : -kertas terbakar
-orang merokok
2.pembusukan =>dipengaruhi oleh mikro organism
Contoh : -pembuatan tape
-pembuatan tempe
-pembuatan alcohol
-pembuatan buah yang masak
3.Korosi =>logam teroksidasi oleh udara
Contoh : -logam
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagi siswa teman sekolah.

Pelajaran Biologi tentang Hakikat Biologi

Minggu, 06 Maret 2011
Kali inisaya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Biologi Hakikat Biologi.semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.
1.Biologi adalah ilmu yang secara spesifik mengkaji dan mempelajari tentang kehidupan ,seperti makhluk dan lingkungannya.
2.Ciri makhluk hidup
a.Memerlukan nutrisi => memerlukan makanan
b.Bernapas
c.Iritabilitas
d.Bergerak
e.Ekskresi => proses pembuangan limbah tubuh yang dihasilkan dari metabolism.
f.Reproduksi
g.Tumbuh
3.Objek Biologi
Tingkatan –tingkatan organisasi dalam kehidupan antara lain : molekul,sel,jaringan,organ,system organ ,individu,populasi,komunitas,ekosistem,bioma,dan biosfer.
Molekul : suatu kombinasi dari atom-atom.
Contoh : H₂O
Sel merupakan unit terkecil dari kehidupan .pada dasarnya ,semua sel dibangun ole molekul-molekul.contoh : sel saraf
Jaringan merupakan sejumlah sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama.
Contoh : jaringan otot,jaringan tulang,dan jaringan saraf.
Organ merupakan berbagai jaringan yang bekerja sama membentuk suatu unit structural.
Contoh : jantung,paru-paru,lambung,dan otak.
System organ merupakan beberapa organ yang secara bersama-sama melakukan suatu fungsi.
Contoh :system saraf
Individu merupakan semua system organ melakukan fungsi secara bersama-sama.
Populasi merupakan sekelompok makhluk hidup satu jenis yang hidup dalam satu area.
Contoh : sekawan kambing
Komunitas merupakan kumpulan populasi dari berbagai spesies m
Semoga materi ini dapat bermanfaat

Pelajaran Bahasa Indonesia tentang Ide pokok,ikhtisar,tanggapan

Kali ini saya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Ide pokok,ikhtisar,dan tanggapan.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.
1.Ide pokok
Ide pokok = gagasan utama = pikiran utama
Pernyataan yang menjadi inti pembahasan
Ide pokok terdapat pada kalimat utama (kalimat pokok) letaknya biasanya di awal atau akhir paragraf.
Cirri kalimat utama = memiliki makna yang paling umum diantara kalimat-kalimat yang tedapat pada paragraph tersebut.
Contoh:
Rumah tinggalku sangat menyenangkan.Kakak dan adik-adikku serta aku merasa tentram bila berada di rumah.Kami bisa berdiskusi,bercengkerama,dan kadang bersendagurau untuk hal-hal yang lucu.Teman-teman juga merasa betah belajar di rumahku.Di samping tempatnya nyaman,jauh dari kebisingansuara mobil,juga penghuninya ramah-tamah.
Ide pokok : Rumah yang menyenangkan.
Kesimpulan :
Pernyataan berisi fakta,pendapat ,alasan pendukung mengenai tanggapan.terhadap suatu objek.(kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi) bisa berupa rangkaian kalimat-kalimat fakta yang diberi pendapat.
2.Ikhtisar : Intisari dari beberapa kalimat dalam paragraph atau intisari beberapa paragraph atau intisari beberapa paragraph dalam teks bacaan yang disusun bebas dalam suatu bentuk tulisan barutanpa mengubah isi.Ikhtisar = ringkasan /rangkuman
3.Tanggapan = menanggapi
Tanggapan merupakan respon terhadap fakta yang ada.Bentuknya bisa berupa kalimat pendapat yang didasarkan pada isi teks.Bila isi teks berisi informasi hal positif,dapat dibuat tanggapan positif berupa persetujuan.Bila isi teks berisi informasi hal negative,tanggapan berisi negative atau penolakkan.
Contoh :
Karakter lalu lintas dijalur Cikampek-Cirebon memang sangat berbeda dengan jalur lainnya.Jalur ini dipadati oleh truk dan bus dari berbagai jenis dan ukuran.Tak pelak lagi pengemudi kendaraan pribadi harus ekstra hati-hati.
Tanggapan :
Menurut saya jika melewati jalur Cikampek – Cirebon,kita harus ekstra hati-hati karena jalur ini berbeda dengan jalur lainnya.
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagi teman siswa sekolah.

Pelajaran Bahasa Indonesia tentang Membaca Memindai (scanning)

Kali ini saya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Membaca memindai.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa siswi sekolah.
Membaca Memindai (scanning)
Membaca memindai yaitu membaca cepat untuk mendapatkan fakta atau informasi tertentu secara cepat dan tepat.Membaca Memindai digunakan untuk mencari nomor telephone seseorang,mencari arti tertentu dalam kamus,mencari informasi dihalaman kuning,dan mencari acara televisi.Langkah-langkah dalam membaca cepat untuk menemukan informasi adalah :
1. Tanya pada diri sendiri,informasi apa yang diperlukan : nomor telephone temankah ?acara liga Italiakah?
2. Carilah sumber bacaannya : buku telephone,daftar acara tv,buku resep masakan,ensiklopedia,atau sumber lainnya yang kira-kira memuat informasi itu.
3. Pindahilah (scan-lah)daftar isi atau entrikatannya!jika yang dibaca ensiklopedia,pindahilah daftar indeksnya,temukan letak halamannya !
4. Temukan letaknya ,lalu bacalah dengan teliti!ingat,bagian lain yang tak relevan tidak perlu dibaca.
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagi siswa teman sekolah.

mengidentifikasi unsur intrinsik drama

Karya sastra terdiri atas :
1. Puisi/pantun
2. Novel/cerpen/roman
3. Drama
Unsur intrinsic drama
1. Latar /setting = tempat peristiwa
2. Alur/plot = jalan cerita
3. Tema = persoalan yang dibahas
4. Amanat = pesan yang disampaikan pengarang melalui cerita tsb
5. Dialog = percakapan yang terjadi antara pemain
6. Karakterisasi = watak para tokoh
7. Konflik = masalah yang timbul dalam cerita drama
8. Interpretasi kehidupan = peniruan dari kisah nyata kehidupan

Laporan Perjalanan

Laporan perjalanan adalah : laporan yang berisi kegiatan seseorang selama melakukan perjalanan ke suatu tempat.Hal-hal yang tercantum dalam laporan perjalanan pada umumnya sebagai berikut:
1. Tempat yang dikunjungi
2. Letak tempat tersebut
3. Bagaimana mencapai tempat tersebut
4. Bagaimana keadaan tempat tersebut:alam(suhu dan cuaca),lingkungan,dan fasilitas yang tersedia di tempat itu.
5. Tempat-tempat wisata apa saja yang terdapat didaerah tersebut
6. Apa yang menarik dari tempat tersebut
7. Kapan mengunjungi tempat tersebut
8. Berapa lama melakukan perjalanan
9. Kelebihan tempat itu dari tempat-tempat lain yang pernah kita kunjungi
10. Manfaat apa yang dapat kita peroleh setelah kita melakukan perjalanan ke tempat itu.

Tenses

Tenses dibagi empat macam yaitu:
1.Present Tense
2.Past Tense
3.Future Tense
4.Past Future Tense
a.Present Tense,dibagi menjadi empat macam yaitu:
1.Simple Present Tense (bentuk sekarang kebiasaan / kenyataan )
Rumus :
( + ) S + V₁ + …
( - ) S + do + not + V₁ + …
( ? ) Do + S + V₁ + ….?
Contoh :
a.I study English every day ( saya belajar bahasa inggris setiap hari )
I do not study English everyday ( saya tidak belajar bahasa inggris
setiap hari)
Do I study English every day ? ( apakah saya belajar bahasa inggris
setiap hari?)
I usually go to school at seven o’clock every morning (saya biasa
pergi ke sekolah pada jam tujuh setiap pagi)
I do not usually go to school at seven o’clock every morning(saya tidak
biasa pergi ke sekolah pada jam tujuh setiap pagi)
Do I usually go to school at seven o’clock every morning?(apakah saya
biasa pergi ke sekolah pada jam tujuh setiap pagi?)
2.Present Continuous Tense (bentuk sekarang sedang berlangsung)
Rumus :
( + ) S + to be + V₁-ing +…
( - ) S + to be + not +V₁-ing +…
( ? ) To be + S + V₁-ing + …?
Keterangan :
Subjek (S ) To be
He,she,it Is
You,we,they Are
I Am

Contoh :
a.I am going to school now(saya sedang pergi ke sekolah sekarang)
I am not going to school now ( saya tidak sedang pergi ke sekolah sekarang)
Am I going to school now?(apakah saya sedang pergi ke sekolah sekarang?)
b.She is listening to the radio(dia(pr) sedang mendengarkan ke radio)
she is not listening to the radio(dia(pr)tidak sedang mendengarkan ke radio)
Is she listening to the radio ?(apakah dia (pr) sedang mendengarkan ke radio?)
3.Present Perfect Tense(bentuk sekarang sudah selesai)
Rumus:
( + ) S + have/has + V-3 + O/Adv
( - ) S + have/has + not + V-3 + O/Adv
( ? ) Have /has + S +V-3 + O/Adv(positive interrogative)
(? ) Have/has + not +S + V-3 + O/Adv(negative interrogative)

Contoh:
a.We have gone to Jakarta(kami telah pergi ke Surabaya)
We have not gone to Jakarta(kami tidak telah pergi ke Surabaya)
Have not we gone toJakarta?(apakah kamu tidak pergi ke Surabaya?)
b.Zaki has composed the sort story(Zaky mengarang cerita pendek)
Zaky has not composed the sort story(Zaky tidak mengarang cerita pendek)
Has not Zaky composed the sort story?(apakah Zaky tidak mengarang cerita pendek?)
4.Present Perfect Continous Tense(bentuk sekarang sedang berlangsung)
Rumus :
( + ) S + Have /Has + Been + V-ing + O / Adv
( - ) S +Have / Has + Not + been + V-3 + O / Adv
( ? )Have / has + S + Been +V-ing + O/Adv(positive interrogative)
( ? ) Have /has + not + S +Been +V-ing + O/Adj(negative Interrogative)

Contoh :
a.He has been studying English.(dia (lelaki) telah sedang belajar bahasa inggris)
He has not been studying English.(dia (lelaki) tidak telah sedang belajar bahasa
inggris)
Has not he been studying English?.(apakah dia (lelaki)tidak telah sedang belajar
bahasa inggris?)
b.They have been living in Sulawesi for six years(mereka telah sedang tinggal di
Sulawesi selama enam tahun)
They have not been living in Sulawesi for six years(mereka tidak telah sedang
tinggal di Sulawesi selama enam tahun)
Have not they been living in Sulawesi for six years?(apakah mereka tidak telah
sedang tinggal di Sulawesi selama enam tahun?)

Pelajaran Fisika tentang Besaran Fisika dan Pengukuran

Sabtu, 05 Maret 2011
Kali ini saya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Fasika tentang Besaran Fisika semoga dapat bermanfaat.

A.Besaran Fisika dan Satuan
1.Besaran adalah sesuatu yang dapat diukur(dinyatakan dengan nilai/angka)dan mempunyai satuan.contohnya:panjang,massa,waktu,luas,volume,suhu,kecepatan,dsb.
2.Satuan adalah besaran pembanding yang digunakan dalam pengukuran.contoh:panjang tali 6 meter,panjang merupakan besaran,6 merupakan nilai,dan meter merupakan satuan.
     Besaran dalam fisika diartikan sebagai ukuran fisis suatu benda yang dinyatakan secara kuantitas.Besaran fisika dikelompokkan menjadi dua,yaitu besaran pokok dan besaran turunan.Besaran pokok adalah besaran yang satuannya telah didefininisikan terlebih dahulu dan tidak dapat dijabarkan dari besaran  lain,misalnya:panjang,massa,waktu,suhu , kuat arus , intensitas cahaya dan jumlah zat . Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari besaran pokok misalnya luas , volum , kecepatan , dan  percepatan . ada dua macam satuan , yaitu : 1. Sistem inggris , dikenal dengan FPS (foot pount , sekon ) . 2.Sistem metric,terdiri dari dua yaitu:system MKS(meter,kilogram,sekon)dan system Cgs(centimeter,gram,sekon).
Besaran pokok dalam Sistem Internasional beserta dengan satuannya antara lain:
No.
Besaran Pokok
Satuan SI/MKS
Singkatan
Satuan Sistem CGS
Singkatan
1.
Panjang
Meter
M
Centimeter
Cm
2.
Massa
Kilogram
Kg
Gram
G
3.
Waktu
Detik
S
Detik
S
4.
Suhu
Kelvin
K
Kelvin
K
5.
Kuat arus listrik
Ampere
A
Statampere
statA
6.
Intensitas cahaya
Candela
Cd
Candela
Cd
7.
Jumlah zat
kilomol
kmol
mol
mol
  
   Besaran turunan adalah besaran yang satuannya diturunkan dari satuan besaran pokok.Contoh:luas,volume,kecepatan gaya,tekanan,usaha dsb.
                                      Luas = panjang x lebar = m x m =m²
B.Pengukuran besaran fisika
      Pengukuran adalah sesuatu kegiatan membandingkan suatu besaran dengan alat ukur sebagai satuan.
1.Alat Ukur Panjang
a.       Mistar /penggaris,memiliki ketelitian 0,1 cm.
b.      Stikmeter (meteran gulung),memiliki ketelitian 0,1 cm.
c.       Jangka sorong,memiliki ketelitian 0,01 cm atau 0,1 mm.
d.      Micrometer sekrup,memiliki ketelitian 0,01 mm.
2.Alat Ukur Massa
a.       Neraca  pasar/timbangan
b.      Neraca kimia,biasa digunakan untuk mengukur massa yang kecil(dalam gram)
c.       Neraca ohauss,biasa digunakan untuk menimbang alat-alat yang diperlukan saat melakukan praktikum di laboratorium.
d.      Neraca lengan /neraca analitis ,digunakan untuk mengukur massa emas atau benda dengan ukuran yang kecil.

e.      Neraca elektronik/digital.
3.Alat Ukur Waktu
a.       Jam matahari
b.      Jam pasir
c.       Stopwatch




   
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat.