Pelajaran Bahasa Indonesia tentang Ide pokok,ikhtisar,tanggapan

Minggu, 06 Maret 2011
Kali ini saya menuliskan rangkuman materi pembelajaran Bahasa Indonesia tentang Ide pokok,ikhtisar,dan tanggapan.Semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.
1.Ide pokok
Ide pokok = gagasan utama = pikiran utama
Pernyataan yang menjadi inti pembahasan
Ide pokok terdapat pada kalimat utama (kalimat pokok) letaknya biasanya di awal atau akhir paragraf.
Cirri kalimat utama = memiliki makna yang paling umum diantara kalimat-kalimat yang tedapat pada paragraph tersebut.
Contoh:
Rumah tinggalku sangat menyenangkan.Kakak dan adik-adikku serta aku merasa tentram bila berada di rumah.Kami bisa berdiskusi,bercengkerama,dan kadang bersendagurau untuk hal-hal yang lucu.Teman-teman juga merasa betah belajar di rumahku.Di samping tempatnya nyaman,jauh dari kebisingansuara mobil,juga penghuninya ramah-tamah.
Ide pokok : Rumah yang menyenangkan.
Kesimpulan :
Pernyataan berisi fakta,pendapat ,alasan pendukung mengenai tanggapan.terhadap suatu objek.(kesimpulan merupakan pendapat akhir dari suatu uraian berupa informasi) bisa berupa rangkaian kalimat-kalimat fakta yang diberi pendapat.
2.Ikhtisar : Intisari dari beberapa kalimat dalam paragraph atau intisari beberapa paragraph atau intisari beberapa paragraph dalam teks bacaan yang disusun bebas dalam suatu bentuk tulisan barutanpa mengubah isi.Ikhtisar = ringkasan /rangkuman
3.Tanggapan = menanggapi
Tanggapan merupakan respon terhadap fakta yang ada.Bentuknya bisa berupa kalimat pendapat yang didasarkan pada isi teks.Bila isi teks berisi informasi hal positif,dapat dibuat tanggapan positif berupa persetujuan.Bila isi teks berisi informasi hal negative,tanggapan berisi negative atau penolakkan.
Contoh :
Karakter lalu lintas dijalur Cikampek-Cirebon memang sangat berbeda dengan jalur lainnya.Jalur ini dipadati oleh truk dan bus dari berbagai jenis dan ukuran.Tak pelak lagi pengemudi kendaraan pribadi harus ekstra hati-hati.
Tanggapan :
Menurut saya jika melewati jalur Cikampek – Cirebon,kita harus ekstra hati-hati karena jalur ini berbeda dengan jalur lainnya.
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat bagi teman siswa sekolah.

0 komentar:

Posting Komentar