Pelajaran Biologi tentang Jaringan

Minggu, 13 Maret 2011
Kali ini saya menuliskan rangkuman materi belajar Biologi Jaringan.semoga dapat bermanfaat bagi siswa-siswi sekolah.

B.Jaringan
Tubuh makhluk hidup bersel banyak (multiseluler) tersusun dari sel-sel yang bentuk dan fungsinya beraneka ragam.Sel-sel penyusun tubuh suatu makhluk hidup tidak selalu sama atau serupa.Beberapa sel yang memiliki bentuk,susunan dan fungsi yang sama akan membentuk jaringan.Dibawah ini akan dijelaskan jenis jaringan pada hewan dan manusia,serta jenis jaringan pada tumbuhan.
1.Jaringan pada Hewan dan Manusia
Pada Hewan dan manusia terdapat bermacam-macam jaringan,yaitu jaringan epitel,jaringan otot,jaringan saraf,dan jaringan pengikat.
a.Jaringan epitel
Jaringan epitel adalah jaringan yang melapisi berbagai rongga atau saluran tubuh dan berfungsi sebagai pelindung jaringan di bawahnya.Selain itu juga berfungsi sebagai kelenjar,penyerap,dan penerima rangsangan dari luar tubuh.Jaringan ini tersusun oleh sel-sel yang membentuk lapisan pipih,kubus,dan silindris.
Epitel pipih.Epitel ini tersusun oleh sel-sel epitel yang berbentuk pipih.contohnya:epitel pembuluh darah dan epitel romgga mulut.
Epitel kubus.Epitel ini berbentuk kubus.contohnya:epitel pada ginjal.
Epitel silindris.Epitel ini terdiri atas satu lapis sel yang berbentuk silindris.contohnya epitel pada usus.


b.Jaringan otot
Jaringan otot terdiri atas serat-serat yang panjang dan berfungsi sebagai alat gerak aktif.Setiap sel otot tersusun oleh serabut halus yang disebut myofibril.Jaringan otot dibedakan menjadi tiga,yaitu jaringan otot polos,jaringan otot lurik,dan jaringan otot jantung.
Otot polos.Otot polos berujung runcing dan memiliki inti sel yang terletak di tengah.Sifat gerakan otot polos tidak menurut kehendak kita dan tahan kelelahan.
Otot lurik.otot lurik terdapat banyak inti yang terletak di bagian pinggir.otot ini melekat pada rangka.sifat gerakan otot lurik menurut kehendak kita dan tidak tahan kelelahan.
Otot jantung.otot jantung seperti otot lurik,tetapi memiliki inti sel yang terletak di tengah.Keistimewaan otot jantung yaitu selnya bercabang-cabang dan saling berhubungan melalui ujung-ujungnya.sifat gerakan otot jantung tidak menurut kehendak kita dan tahan terhadap kelelahan.


c.Jaringan Penghubung
Jaringan penghubung terdiri atas serabut-serabut yang kuat dan lentur.Jaringan penghubung berfungsi untuk pengikat dan penghubung dan penghubung antarjaringan.
d.Jaringan Rangka atau Jaringan Tulang
Jaringan rangka atau jaringan tulang terdiri atas bahan-bahan yang mengeras.fungsinya untuk melindungi tubuh menyokong,dan menjadi alat gerak.
e.Jaringan Saraf
Jaringan saraf berfungsi menerima dan meneruskan rangsangan.Jaringan ini tersusun oleh saraf-saraf yang disebut neuron.Setiap sel saraf terdiri dari badan sel,dendrit,dan akson(neurit).Dendrit berfungsi membawa rangsangan ke badan sel.Akson berfungsi membawa rangsangan dari badan sel ke sel saraf lainnya.
f.Jaringan Darah
Jaringan darah berbentuk cair dan mengandung sel-sel lepas.Sel-sel darah terdiri dari sel darah merah (eritrosit),sel darah putih (leukosit),dan keeping darah (trombosit).Jaringan darah berfungsi untuk mengedarkan oksigen ,zat-zat makanan ,dan hormon.
2.Jaringan pada Tumbuhan
Pada tumbuhan terdapat jaringan meristem,jaringan epidermis(jaringan pelindung),jaringan parenkin(jaringan dasar),jaringan penyokong,dan jaringan pengangkut.Dibawah ini akan dijelaskan jaringan-jaringan pada tumbuhan.
a.Jaringan meristem
Jaringan meristem adalah jaringan yang selalu membelah.Jaringan meristem terdapat pada lembaga ,ujung batang,kuncup,cambium,dan ujung akar.Jaringan ini berfungsi menghasilkan sel-sel baru dengan cara membelah diri untuk pertumbuhan tanaman.

b.Jaringan epidermis
Jaringan epidermis atau jaringan pelindung menutupi permukaan akar,batang,dan daun.Jaringan epidermis berupa sel-sel yang berbentuk lembaran putih dipermukaan organ tumbuhan.Jaringan epidermis berfungsi untuk melindungi jaringan lainnya dan juga untuk melapisi permukaan.

c.Jaringan Parenkim
Jaringan parenkim berbentuk agak bulat memanjang.Jaringan parenkim tersebar diseluruh tubuh tumbuhan ,baik pada akar,batang,daun,biji,maupun buah.Parenkim dilengkapi dengan plastida.Plastida yang tidak terkena sinar matahari berfungsi sebagai tempat penimbunan makanan.Sebaliknya yang terkena sinarmatahari berfungsi sebagai fotosintesis.Pada daun ,terdapat dua macam jaringan parenkim,yaitu jaringan tiang(palisade) dan jaringan bunga karang (spons).Sel-sel jaringan parenkim daun banyak mengandung kloroplas.Kloroplas berperan dalam fotosintesis.

d.Jaringan pengangkut
Jaringan pengangkut terdiri dari xylem dan floem.Xilem berbentuk tabung panjang dan berfungsi mengangkut air dan zat-zat hara dari akar ke daun.sedangkan floem berbentuk tabung tipis,yang ujungnya berlubang-lubang.Floem berfungsi mengangkut zat makanan dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.Makanan dihasilkan dari proses fotosintesis.
e.Jaringan Penyokong
Jaringan penyokong berfungsi untuk menyokong dan menguatkan tubuh tumbuhan.Jaringan ini dibedakan menjadi dua,yaitu jaringan kolenkim dan jaringan sklerenkim.Jaringan kolenkim umumnya terdapat pada tangkai daun,terdiri atas sel-sel yang dindingnya mengalami penebalan oleh zat selulosa,terutama dibagian sudut-sudutnya.sedangkan jaringan sklerenkim umumnya terdapat pada batang dan tulang daun,tersusun oleh sel-sel dengan dinding yang keras,dan berfungsi menutup bagian luar dari biji atau buah.Dinding sel-selnya mengalami penebalan oleh zat lignin.
Semoga rangkuman materi ini dapat bermanfaat.

0 komentar:

Poskan Komentar